Recent Posts

18 March 2008

Bikin Hotspot Wifi


Dengan bekal sedikit ilmu jaringan, saya dan seorang teman mencoba memulai membangun Hotspot kecil-kecilan (Maunya sih biar jadi besar...). Sementara ini antena buat nyebar sudah aktif menggunakan Omni 17 db buatan lokal seharga 750.000 tapi baru setinggi 10 meter karena kesulitan untuk membuat kawat penarik (maklum rumah mefet ama tetangga) maka pilihan saya selanjutnya adalah bikin repeater ditetangga yang rumahnya cukup tinggi.


Sudah banyak yang ingin bergabung untuk berlangganan, namun ternyata cakupan tidak seindah yang dibayangkan, menurut spesifikasi antena AP-nya dapat mencapat jarak sekitar 7km tetapi dites pake laptop dengan radio TP-Link dan antena yagi dari jarak 1km kagak ada bau baunya hehehe padahal dah di atas atap lantai 2, Karena itu saya berencana secepatnya untuk pasang repeater agar pelanggan yang jaraknya kira-kira 1,5 km dapat dengan mudah mengakses hotspot ane.
Berikut komponen akses point saya dan biaya :

Antena Omni lokal 17db (Rp. 750.000)
Radio Linksys WRT54G (Rp. 625.000)
POE (Rp. 95.000)
Modem Speedy Shiro (Rp. 300.000)

Ada yang bisa bantu untuk spesifikasi repeater saya supaya bagus?, maklum belum pengalaman di hotspot neh... apakah cukup hanya dengan membuat sebuah bridge dan yang membingungkan merk apa yang cocok dipasangkan dengan AP linksys saya. Ada yg bilang linksys mudah KO dayanya, sedangkan merk lainnya juga memiliki kekurangan. Saya punya Senao yang katanya paling bagus (harga paling mahal daripada merk lain) ternyata kini jadi kenangan setelah tidak dapat diakses lagi saat merubah dari mode Bridge ke mode AP (hiks...)




Download
http://rapidshare.com/files/93595126/Wifi_Hacks_AIO-APNSB.rar

2 comments:

Nobel said...

Well buat yang punya senao and rusak seperti punya ane, ane akalin sekarang card pcmcia yang ada didalmnya ane jadikan wifi card di laptop, pas dahh laptop dell ane gak ada modul wifinya. Oya setelah dipasang di laptop kudu pake driver namanya intersil prism. Agak susah carinya di internet, kaloada yang minat bisa ane kirimin. Salam....

thile_mlg said...

mas bisa dipostingin untuk konfigarasi Mikrotiknya