Recent Posts

10 May 2011

Perbedaan Budaya Barat dan Timur 180 Derajat Ini Buktinya

Sudah lama sekali pengamatan pribadi ini ingin saya angkat tapi baru sekarang disempatin untuk mengabadikan di blog ini, ini asli hasil pengamatan yang boleh dianggap sebagai sekedar hiburan tapi silahkan aja di bukitikan. Dulu saya ingat orang bilang budaya orang barat dan orang timur dikatakan berbeda 180 derajat, waktu itu biasanya dikaitkan dengan adat istiadat sopan santunnya, ternyata saya menemukan yang lebih menarik, diantaranya sebagai berikut...
1. Bahasa indonesia menggunakan hukum DM (Diterangkan-Menerangkan) sedangkan bahasa barat menggunakan hukum MD, jadi inget pelajaran bahasa indonesia dulu. Buat yang gak ngarti kurang lebih begini contohnya: Bebas gula (tidak mengandung gula) dalam bahasa inggris Sugar Free (Gula Bebas)

2. Di Indonesia ada Polisi Militer (PM) di barat Militer Police (MP)
3. Mobil kita jalan di kiri (Setir di kanan) di barat mobil jalan di kanan (Setir di kiri)

4. Kita ngupas buah seperti apel ato kentang, pisau pasti mengarah keluar (maju ngupasnya), kalo di barat pisau mengarah kedalam (mundur ngupasnya)

5. Dulu kita kalo mendongeng pasti begini awalnya, Pada jaman dahulu kala waktu kancil bisa ngomong bla bla bla... nah kalo orang barat bercerita diawali dengan Pada tahun 3000 mendatang berangkat ke angkasa bla bla bla... (pantes kita susah maju ya)

6. Pahlawan kita pake celdam didalam, nah pahlawan orang barat suka pake celdam di luar (aneh ya?)

7. Orang indonesia suka pake baju tidur sampai ke pasar (yang penting bersih katanya), sementara orang barat mau ambil koran depan rumah, baju tidur pasti ditutup piyama karena malu diliat tetangga.

8. Dalam hal sampah, di negeri barat malu buang sampah sembarangan makanya biarpun ada sungai di tengah kota metro tapi sungainya bersih... Nah di kita buang sampah sembarangan mah biasa...

9. Hehe yang ini lebih seru, orang barat kalo BAB gak pake cebok, cukup pake tissue (hemat air kale). Kalo disini bersih sih...

dan masih ada lagi hal hal unik lainnya yg bisa dibandingkan, sayangnya udah ngantuk, buat yang mau nambahin silahkan... ntar kalo inget saya tambahin lagi...
Baca selanjutnya... >>