Flight Radar Using RTL SDR

Nah akhirnya tiba saatnya me review Gadget baru yakni berupa USB Dongle RTL SDR (Realtek Software Define Radio) yang dibeli dari online shop Buka bukaan lapak seharga Rp. 185.000 dengan ongkos kirim Rp. 45.000 sampai Kaltim.


Sebelum masuk lebih dalam, saya akan bahas dulu apa itu USB Dongle RTL SDR secara singkat. berikut penampakannya...
RTL-SDR USB Dongle
Daleman RTL-SDR




Awal kenal dengan perangkat ini berangkat dari hobby saya yang memantau pesawat terbang baik dari percakapan pilot dengan ATC melalui radio Yaesu-VX6R dan memantau lalu-lintas pesawat melalui aplikasi android yaitu Fligth Radar 24 www.flightradar24.com, kemudian setelah kenal lebih dalam Flight Radar di situsnya punya program bagi bagi perangkat pemantau pesawat secara gratis ke seluruh dunia dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Saya sendiri sempat mengajukan dan mendapat balasan namun kemudian ragu untuk menerimanya dikarenakan alasan teknis. Akhirnya saya menemukan alternatif lain yaitu membangun sendiri alat pelacak pesawat menggunakan USB Dongle RTL SDR yang harganya tidak terlalu mahal dibanding dahulu. Tipe yang saya beli termasuk versi baru yaitu RTL 2832U dengan R820T2 Chipset yang memiliki rentang frekwensi 25 Mhz hingga 1800 Mhz. Dengan rentang frekwensi ini dapat digunakan untuk menerima siaran TV digital, AM, FM, SW, SSB,VHF, UHF, GSM, AIS (Pemantau kapal Laut), Air Band dan lain sebagainya.

Sedikit informasi tentang apa itu USB RTL SDR yaitu perangkat Software Define Radio dimana perangkat ini dapat menangkap frekwensi radio kemudian pengolahannya lebih lanjut ada pada software yang terpasang pada PC, tablet ataupun Hp yang mendukung OTG. Lebih lengkap informasinya dapat di cari dengan google.

Setelah menerima paket usb dongle, saya tes dengan aplikasi sdrsharp di windows 10 lumayan bagus untuk menerima siaran FM tapi mungkin antena bawaanya tidak pas untuk bekerja pada frekwensi FM jadi ya tidak maksimal, bahkan hasil uji di siaran FM hanya dengan kabel antena saja sudah bisa menerima walau terdengar noise. Sedangkan hasil uji dengan aplikasi SDR touch pada android lebih memuaskan lagi namun cukup menguras daya.