Flight Aware Radar Tiba di Sekolah

Rencana awal saya mendatangkan Radar pesawat dari Flight Radar24 yang berkantor di Swedia namun setelah saat melakukan permintaan ada keraguan pada beberapa hal, salah satunya adalah dengan persyaratan adanya pembayaran pajak masuk yang kadang menyulitkan, walaupun nantinya akan diganti oleh pihak pengirim.

Setelah beberapa waktu akhirnya saya melakukan kontak dengan Flight Aware yang berkantor di Texas Amerika dan permintaan disetujui dalam 2 hari bukan main, mungkin ini dikarenakan juga di area Kaltim masih minim adanya perangkat Radar pesawat seperti yang tertera pada situs-situs layanan Radar pesawat yang mendahulukan area yang minim coverage mereka.




Nah setelah tiba ini barang harus di pasang dalam waktu satu minggu sesuai kesepakatan, kebetulan saat artikel ini saya buat, perangkat ini sudah terpasang manis di atas dak ruang guru namun sementara kabel antena masih lewat jendela karena belum sempat cari tangga buat naik ke plafon. Pas sebelum dikirim saya juga minta dikirimkan yang model terbaru yaitu memiliki fitur WiFi untuk bisa konek dengan internet sebagai bagian pengunggah datanya supaya lebih fleksibel dalam penempatan perangkat indoornya.


Yang menarik dari perangkat ini adalah pengirimannya  bukan dari Amerika tapi dari Germany, bisa dilihat dari list diatas, antena dan kabelnya  merupakan dari Italy, power supply/adaptor dan kabel UTP dari China kemudian baju souvenir dari Morroco wew luar biasa... O ya perangkat ini dalemannya pakai Raspberry Pi 3 (Buatan Inggris) kemudian ada modul Mode-S beast nya yang buatan Germany  serta box nya wkwkwk, dibanding dengan perangkat sejenis lainnya yang unggul dari  perangkat ini dilengkapi LCD touch screen 3,5" dan wireless WiFi untuk koneksi internetnya jadi lebih fleksibel aja. Selain itu dibanding dengan Flight Radar yang menggunakan modul GPS terpisah yang terkoneksi lewat kabel dengan box nya, perangkat ini menggunakan GPS terpadu. 


Kebetulan area sekeliling LOS nya bagus jadi area penerimaan berdasarkan hasil pengamatan bisa sampai 200 mil laut lebih atau lebih dari 400 km! Nah yang terakhir pertanyaannya begini, buat apa sih yang beginian, jawaban singkatnya alat ini bisa buat tracking pesawat terbang secara live atau real time berdasarkan pancaran transponder dari setiap pesawat yang kemudian datanya diolah pada server kemudian diberikan lagi ke aplikasi mobile seperti Hp dan lainnya untuk berbagai keperluan pengguna, contohnya saat mau jemput kolega atau keluarga ke bandara dengan aplikasi di Hp kita bisa lihat mulai dari keberangkatan hingga tiba pesawat ataupun jika mengalami delay saat keberangkatannya.

Sedangkan kepentingangan lainnya ya karena perangkat ini berbasis jaringan komputer maka disekolah dipakai untuk praktek bagi siswa jurusan komputer jaringan dan pengetahuan tambahan lainnya. Informasi lengkap mengenai perangkat dapat di cari di internet atau karena kebetulan saya pakai pruduk dari FlightAware maka bisa langsung menuju situs resminya di www.flightaware.com

Happy Tracking!