Responsive Ads Here

16.2.18

Modifikasi RTL-SDR yang OverHeat

Namanya tukang oprek ga bisa diem barangkali ya, nah setelah beberapa waktu eksperimen dengan dongle ini ternyata chip chipnya mengalami panas yang cukup dahsyat menurut saya, cuma anehnya kenapa ga ada pendinginnya ya apalagi setelah browsing sana-sini cari info ternyata dinyatakan jika sudah dipakai selama 10 menit keatas panasnya yang berlebih ini membuat kinerjanya menurun hingga 30 persen, berarti kekhawatiran tidaklah salah.

 Ada berbagai macam cara teknik pendinginan yang saya dapat di internet dan nampaknya cukup rumit dilakukan kalau tidak punya perkakas lengkap. Maka berbekal peralatan seadanya yang tersedia dirumah akhirnya berhasil juga bikin pendingin buat dongle ini dan hasilnya sangat memuaskan.



Bahan yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
1. Heatsink transistor (ada di toko eletronik)
2. Lem epoxy (lem besi, ada di mini market)
3. Potongan plat almunium
4. Thermal paste (beli di toko komputer)

Pengerjaan :
1. Buka casing rtl-sdr bisa dengan menggunakan kuku atau lempengan plastik bekas kartu GSM supaya tidak merusak casing.
2. Buat lubang bentuk segi empat pada casing bagian atas  secukupnya persis diatas chip (ada 2 chip) bisa liat gambar.
3. Buatkan lenpengan almunium bisa dari bekas plat motor kemudian bentuk seperti huruf "U" yang tiap ujungnya cukup untuk bersentuhan dengan chip.
4. Posisikan dengan baik kemudian buatkan adonan lem epoxy secukupnya dengan campuran 1:1 akan menngental dalam 5 menit dan kering dalam 2 jam. jangan lupa saat menempelkan punggung almunium bagian luar dengan pendingin transistor diisi thermal paste agar nantinya panas mengalir sempurna.
5. Pengaplikasian lem epoxy sebaiknya seperti foto diatas, bagian sisi dalam bisa dilem belakangan setelah bagian luar mengeras tujuannya agar hasil lem tidak bisa lepas lagi karena ditahan dari dalam juga, karena pembuatan awal saya mengalami hasil lem bisa di lepas dengan menekan pendingin luar, untung karena percobaan awal lupa kasi thermal paste.
6. Setelah kering semua saat akan ditutup jangan lupa beri thermal paste secukupnya diatas chip untuk menghubungkan tekukan plat bagian dalam, jangan gunakan selain thermal paste karena jika terjadi luberan thermal paste pada kaki chip tidaklah terlalu berbahaya karena dia bersifat bukan konduktor.

Setelah saya coba pendingin bagian luar menjadi cukup panas  artinya penyaluran panas sudah baik, setelah pemakaian cukup lama panas bagian luar stabil dan jika dipegang bagian casing jauh lebih dingin dari sebelum modifikasi.

Last Update Heatsink on My RTLSDR

No comments: