10 March 2018

Ulasan Raspberry Pi3

My Little Raspberry Pi3

Ternyata Raspberry ku ketinggalan untuk di ulas, malahan Mikrotiknya yang duluan. Biar ga lupa dibuatin aja dulu judulnya sama gambarnya, tulisannya nunggu mood lagi...

Spesifikasi Umum :
- Broadcom BCM2837 chipset running at 1.2 GHz
- 64-bit quad-core ARM Cortex-A53
- 802.11 b/g/n Wireless LAN
- Bluetooth 4.1 (Classic & Low Energy)
- Dual core Videocore IV Multimedia co-processor
- 1 GB LPDDR2 memory
- Supports all the latest ARM GNU/Linux distributions and Windows 10 IoT
- microUSB connector for 2.5 A power supply
- 1 x 10/100 Ethernet port
- 1 x HDMI video/audio connector
- 1 x RCA video/audio connector
- 4 x USB 2.0 ports
- 40 GPIO pins
- Chip antenna
- DSI display connector
- microSD card slot
- Dimensions: 85 x 56 x 17 mm
 

Oke kita lanjut lajut lagi, setelah sebulan tertunda mengulas. Untuk ulasan lebih lengkap sekali lagi silahkan search di awan nah yang diulas disini tentu saja dari pandangan dan uji pribadi semata. Saat ini sudah banyak sih ya SBC ( Single Board Computer ) seperti Raspi ini seperti misalnya Thinker board nya ASUS ataupun Latte Panda yang sudah mendukung memory eMMC dan bundling Windows 10. Namun dari semuanya Raspi ini masih favorit karena dari segi harga yang murah dan fiturnya yang segudang.

Pertama bisa nggak sih di pasangin Windows, kagak bisa karena Raspi memiliki arsitektur prosesor ARM bukan x86, kalau android, windows IOT, dan sistem operasi lain yang berbasis ARM bisa. Namun kalau mau digunakan untuk sekedar kerja dokumen menggunakan Libre office bawaan OS resminya Raspbian bisa banget atau editing image  menggunakan GIMP dan dengerin musik. Instalasi OS nya mudah banget, tinggal download OS dari situs resminya di raspberrypi.org, mau yang destop mode atau CLI mode serta beberapa OS lainnya juga tersedia.

OK untuk spek silahkan cek di awan, tipe paling baru adalah Raspberry Pi 3 B+ dan info terakhir akan ada versi baru di tahun 2019 dengan harga yang tidak beda jauh. Yang jelas dibanding pendahulunya Raspi 3 model B saya sudah memiliki Wifi dan Bluetooth di boardnya, jadi 4 USB portnya bisa lebih banyak di fungsikan untuk lainnya.

Nah apa aja sih yang sudah saya lakukan dengan Raspinya, ada banyak sekali project yang bisa dicoba kalau suka ngoprek. Berikut hal-hal yang sudah saya jajal pribadi :

1. Sebagai desktop PC 
Operasional biasa sebagai PC Office baik menggunakan layar TV dengan kabel HDMI, dengan remote desktop via Laptop serta Hp Android. Untuk aplikasi tambahan seperti GIMP bisa di instal via online, saya konek ke internet lewat tethering langsung ke Hp android. Ada ribuan aplikasi yang bisa siap digunakan pada Raspi.

2. Sebagai Multimedia Player
Saya instal aplikasi KODI dan menjadikan TV dirumah sebagai smart TV, Raspi nya di pasangin External HD yang berisi film dan musik, dengan menggunakan keyboard dan mouse bluetooth Raspi bisa jadi home entertainment, untuk koneksi via bluetooth tinggal plug and play, ga perlu instal driver. Selain itu kita bisa browsing internet di TV kita via koneksi Raspi dengan Hp ataupun Indihome.

3. Sebagai server 
Dengan tutorial yang bisa didapat di awan kita bisa merubah Raspi menjadi Server kecil yang handal seperti misalnya file server, webserver atau torrent server yang bisa kita akses melalui kabel maupun wireless baik dari Hp maupun Laptop.

4. Sebagai Radar Pesawat Terbang atau Kapal Laut
Dengan tambahan alat RTL SDR ( bisa lihat artikel lainnya tentang ini ) seharga kurang dari 200k Raspi bisa dipakai sebagai Radar pesawat udara, maupun kapal laut.

Nah itulah dia 4 hal yang sudah saya cobakan pada rasberry pi 3 model B saya, lain kali kalau sudah ada percobaan lainnya akan saya posting lagi.

No comments:

Recent Posts